Laporan Tugas

Pelatihan Patologi Veteriner dan Pertemuan Ilmiah Nasional Asosiasi Patologi Veteriner Indonesia VIII  Di Maros, 9-13 Mei, Sulawesi Selatan.

Oleh

Rondius Solfaine, drh., MP.

10526-ET

Laboratorium Anatomi Patologi

Fakultas Kedokteran Hewan

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

2011

Latar Belakang

            Pelaksanaan tugas pelatihan dan pertemuan patologi veteriner tingkat nasional pada  tanggal 9-13 Mei 2011 di Maros Sulawesi Selatan merupakan wujud implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya di bidang pendidikan dan penelitian. Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh lembaga penelitian patologi veteriner baik yang berasal dari instansi Perguruan Tinggi, Unit Pelaksana Teknis Departemen Pertanian dan instansi non pemerintah di seluruh Indonesia.

            Kegiatan pelatihan yang dilangsungkan di Balai Besar Veteriner Maros selama 5 hari yang meliputi kegiatan seminar, workshop, presentasi makalah, ujian Brevet Ahli Patologi Veteriner dan kunjungan kerja di peternakan. Seminar yang dilaksanakan dengan nara sumber yang berasal dari Direktorat Jenderal Kesehatan Hewan Departemen Pertanian dan Ketua Asosiasi Patologi Veteriner Indonesia mengenai pentingnya aplikasi Patologi Veteriner dalam diagnosa penyakit hewan ternak di Indonesia dan teknik diagnosa yang mutakhir dibidang kesehatan hewan ternak. Selanjutnya kegiatan workshop meliputi sosialisasi Udang-Undang Veteriner tahun 2011 mengenai tugas dan fungsi tenaga kesehatan hewan, pelatihan interpretasi gambar histopatologi dalam diagnosa penyakit hewan, teknik bedah bangkai dan aplikasi forensic veterinary dan pengembangan diagnosa penyakit degeneratif pada hewan ternak. Presentasi makalah bidang patologi veteriner disampaikan oleh Balai Penyidikan Penyakit Hewan seluruh Indonesia, Fakultas Kedokteran Hewan dan Pusat Penelitian non pemerintah. Materi presentasi merupakan kasus penyakit hewan yang terjadi di lapangan dan hasil penelitian laboratorium. Ujian Brevet Ahli Patologi Veteriner bagi tenaga dokter hewan yang mengelola laboratorium Patologi baik dari instansi Balai Penyidikan Penyakit Hewan dan Fakultas Kedokteran Hewan seluruh Indonesia. Pelaksanaan ujian Brevet berupa ujian tertulis tentang Patologi Veteriner, ujian interpretasi gambar Histopatologi dan ujian diagnosa preparat Histopatologi penyakit hewan. Sertifikat Brevet Ahli Patologi Veteriner diberikan kepada peserta ujian yang memenuhi syarat dan lulus ujian oleh dewan pakar yang berasal dari Asosiasi Patologi Veteriner Indonesia (APVI). Bagi peserta yang lulus ujian tersebut akan diberikan hak menyandang gelar Ahli Patologi Veteriner (APVet) satu tahun sesudah penilaian dewan pakar yang terakreditasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendiknas. Selanjutnya kegiatan kunjungan kerja berupa peninjauan peternakan sapi dan unggas di daerah Maros Sulawesi Selatan.

            Kegiatan pelatihan dan pertemuan ilmiah Patologi Veteriner merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pertanian dan Asosiasi Patologi Veteriner Indonesia. Kegiatan ini sudah berlangsung selama sembilan pertemuan yang dilakukan secara periodik baik di unit pelaksana teknis Deptan dan Perguruan Tinggi yang ditetapkan berdasarkan musyawarah anggota asosiasi. Kegiatan pelatihan dan pertemuan patologi veteriner merupakan wujud pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tenaga kesehatan hewan serta implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi dalam pendidikan dan penelitan untuk memperluas dan memperdalam kompetensi tenaga kependidikan di perguruan tinggi.

 Materi Pelatihan

 

  1. Teknik Nekropsi Hewan Besar dan Hewan Kecil
  2. Interpretasi Preparat Histopatologi penyakit ternak
  3. Penyakit tumor dan degeneratif pada hewan ternak

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Tanggal 9-13 Mei 2011, Balai Besar Veteriner Maros, Sulawesi Selatan.

Foto

Rondius Solfaine, drh. MP. ketika berbicara sebagai narasumber.

Satu Balasan ke

  1. oni berkata:

    go dokter ovan :).. dynamite bgt untuk patologinya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s